Kamis, 21 Oktober 2010

Sekilas Tentang Semar Ki Lurah Bodronoyo

Semar dalam dunia perwayangan di sebut juga Ki Lurah Bodronoyo atau Ismoyo yaitu seorang Dewo Ngejowanthah dalam bahasa sekarang kurang lebihnya adalah Dewa yang turun ke bumi sebagai seorang pamomg atau seorang lurah yang menjadi panutan oleh seluruh negeri di Pandawa.
Ki Lurah Semar mempunyai tiga orang anak dari Dewi Kanastren yang juga seorang Bidadari Khayangan yaitu : Ki Lurah Gareng, Ki Lurah Petruk dan Ki Lurah Bagong. Semua itu adalah seorang pengemong para Pandawa yang biasa sering kita lihat dan dengar dalam cerita pewayangan di sebut PUNAKAWAN yang artinya adalah sebagai batur atau kawan dari Pandawa Lima.
Walaupun seorang punakawan atau pembantu akan tetapi soal ilmu dan hatinya sangat luhur serta punya budi pekerti yang luar biasa, makanya sesosok Semar biasanya di simbulkan sebagai penasehat / pamong di negeri Pandawa karena sifat luhur hatinya dan kejujurannya.
Semar juga punya saudara yang dulunya berasal dari Khayangan yaitu: Togog dan Mbilung, tapi kedua saudaranya ini sangat berbeda dengan Ki Lurah Semar serta mereka juga beda negara. Togog contohnya karena perbuatannya maka ai di kutuk oleh sang Pethara Guru (Dewa Khayangan) dengan wajah yang jelek (maaf) mulutnya moncong kedepan. Hal itu menggambarkan kepada kita agar kita harus berhati-hati dan jaga menjaga etika di saat kita berbicara, lebih-lebih kepada orang tua / orang yang di tuakan.

Itulah sekilas tentang sosok Kilurah Semar Bodronoyo semoga dapat kita ambil manfaatnya serta dan dapat pula kita contoh keteladanan dari sosok Semar tersebut . Kritik dan saran silahkan di layangkan ke : Email [sutrisno4444@ymail.com] atau situs web [http://www.trisno4444.wordpress.com/] atau Facebook Bagoes Soetrisno //sutrisno4444@ymail.com.

Tidak ada komentar:

Share it

Your IP and Google Map location

Get Answers

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Loading...

Ten Dollar

Ten Dollar
Loading...

Daily Calendar